Kamis, 12 Agustus 2010

ALERGI YANG DIALAMI BELICIA

Bentol-bentol merah yang muncul di wajah dan leher Belicia semula kuanggap hanya biang keringat biasa itu muncul pada saat usia Belicia masuk 5 bulan. Setelah kami konsultasi ke dokter ternyata bayi cantikku ini terkena alergi susuformula.

Seingatku aku hanya menukar susu formula Belicia yang semula M***** dengan B***** nah pada saat pemberiaan susu itulah badan Belicia menimbulkan reaksi bentol-bentol merah. Akhirnya dokter menganjurkan saya untuk tidak dulu memberikan susu formula tadi dan mengganti dengan susu formula hypo-alergi.



Akhirnya aku putuskan aku tidak memberikan Belicia susu formula dan hanya ASI sampai dia mendapatkan makan tambahan.Akhirnya bentol-bentol merah yang dialami Beliciapun hilang.

arti alergi itu merupakan reaksi kekebalan tubuh yang mengalami  penyimpangan atau berubah dari normal, sehingga menimbulkan gejala-gejala yang merugikan tubuh. Mulai dari gangguan pernafasan, gangguan kulit, hingga gangguan mata dapat timbul akibat alergi.

Masuk usia 7 bulan bentol-bentol ini muncul kembali, padahal aku tak memberikan susu formula pada Beliciaku, dan kembaliku  flashback makanan apa yang aku berikan pada Belicia untuk asupan gizinya.

Pada saat aku menambahkan kacang-kacangan bentol itu hanya muncul sedikit terus menghilang, nah pada saat aku memberikan bubur kedelai buat belicia bentol itu tambah banyak tapi alhamdulilahnya fasesnya normal. Akhirnya aku hanya memberikan sayur-sayuran seperti wortel, kentang dan tomat.

Sebagai ibu yang baik aku merasa asupan yang aku berikan takut beliciaku kurang gizinya karena gak ada protein nabatinya akhitrnya aku coba kembali membuat bubur dengan menambahkan hati, daging ayam, dan keju.


Wah ternyata semua bikin kacau kulit belicia semakin gatal dan bentol merahpun semakin banyak,..akupun tetap memaksakan pikirku semakin aku terus memberikan protein dari hewani pasti tubuh Belicia akan melawan atau semakin terbiasa.

Ternyata aku salah malahan semakin banyak saja bentol meranya sehingga belicia mulai rewel dan komplain, sehingga daya tahan tubuhnya lemah dan batuk yang di bawa setiap orang yang menciumnyapun datang.

Fiuhhh....kalau Belicia rewel begini semua urusan bisa repot, dia gak mau lepas dari dekapan dan semakin manja.Senyum manispun gak ada apalagi mau ketawa ketiwi seperti biasanya.


Aku tak mau mecekoki Belicia dengan obat-obat dokter karena terlalu kecil untuk usia sekarang dan alergi itu akan muncul bila obat habis.

Akirnya aku memandikan Belicia dengan air rebusan daun sirih yang dicampur sedikit tawas, mudah-mudahan bentol merah cepat hilang dan Beliciapun kembali riang gembira seperti dahulu kala.

1 komentar:

  1. hhm.... kasihan banget Belicia nih

    Dija juga kata dokter punya Alergi Mbak... gimana yaa...
    kan minum susu formula aja, karena gak dapet ASI. dari 0 - 3,5 bulan baik baik saja minum susu formula yang dari cowmilk.

    trus kira kira 3 minggu yang lalu, diare....
    dikasi obat, selama 10 hari tetep aja diare.
    akhirnya disuruh dokter ganti susu kedelai..
    sekarang pake isomilk. diare hilang, cuma dia kurang suka rasa susunya. emang gak enak banget nih...

    heran ya, anak anak kok mudah sekali alergi...
    semoga Belicia gak muncul lagi alerginya yaa

    BalasHapus

Tinggalkan Komen ya,...